Pages

Katagori

Satu ditambah satu belum tentu sama dengan dua

Satu ditambah satu belum tentu sama dengan dua

Satu ditambah satu sama dengan berapa? tentu banyak yang menjawab dua, tapi ternyata satu ditambah satu itu belum tentu sama dengan dua, aneh kan! mungkin banyak yang bilang bahwa penulis mengada-ngada dan menyalahi aturan namun begitulah kenyataanya. jika kita berada diruang kelas yang sedang mendengarkan pelajaran lalu mendapat pertanyaan dari ibu atau bapak guru maka bersiaplah mendapat nilai jelek karena dianggap menjawab salah :-) namun disini kita bebas berpendapat dan berimajinasi, lalu apa buktinya 1+1 tidak = 2 ? disini kita akan coba mengungkapnya.

Bukti Bahwa satu ditambah satu tidak selalu sama dengan dua


1 + 1 = 2
Jika kita punya satu buah apel lalu ada yang memberi lagi satu  maka sekarang kita punya apel dua buah. inilah penjumlahan yang secara resmi banyak diakui orang dan digunakan sebagai standar dalam dunia pendidikan.
1 + 1 = 1
jika kita punya sebuah kandang burung lalu kedalam kandang tersebut kita masukan seekor kucing dan seekor tikus maka yang terjadi adalah tikus dimakan oleh kucing maka yang terjadi adalah 1 kucing + 1 tikus = 1 kucing.
1 + 1 = 11
Bayangkan kita sedang menggambar garis sepanjang 1 cm lalu kita tambah lagi panjang garis tersebut 1 mm jadi sekarang panjang garis yang telah berhasil dibuat adalah 11 mm, benarkan bahwa 1 cm + 1 mm = 11 mm :-)
1 + 1 = 13
Seandainya kita punya buku 1 pack berisi a lusin atau 12 buah buku lalu ada yang memberi kita satu buah buku maka 1 lusin + 1 buah = 13 buah buku.
1 + 1 = 27
Yang ini lebih seru lagi, ternyata dua angka satu bila dijumlahkan bisa menjadi dua puluh tujuh, jadi begini jika kita sebagai orang islam maka secara rutin menjalankan ibadah shalat. ketika kita mengerjakanya sendiri maka pahalanya hanya satu, namun ketika kita melakukanya secara berjamaah minimal dua orang maka yang terjadi adalah 1 imam + 1 makmum = 27 pahala.
1 + 1 = 61
Kawan-kawan untuk mengerjakan soal ini kita berikan waktu 1 jam, gimana masih kurang tidak? o.k kita berikan waktu tambahan 1 menit. jadi total untuk mengerjakan soal adalah 1 jam + 1 menit atau sama dengan 60 menit + 1 menit = 61 menit
1 + 1 = 1001
Kenapa bisa? tentu saja :-) mari kita buat perumpamaan, seandainya kita mempunya emas seberat 1 kg lalu ada yang memberi hadiah pada kita 1 gram emas, maka berapa jumlah emas yang kita punya sekarang? agar bisa menjumlahkan maka kita samakan dulu satuanya 1kg=1000gram, jadi perhitunganya adalah 1000 gram + 1 gram = 1001 gram.
1 + 1 = Tak terhingga
Wauw bagaimana mungkin bisa begini? tentu saja bisa. contohnya jika kita punya sebuah kolam ikan, lalu kita mengisinya dengan satu ekor ikan mas jantan dan satu ekor ikan mas betina maka didalam kolam tersebut akan terjadi perubahan jumlah ikan mas, berapa jumlahnya? tergantung berapa anak ikan yang lahir, 1 ikan mas jantan + 1 ikan mas betina = berapapun jumlah anaknya.

Gimana setujukah dengan pernyataan bahwa satu ditambah satu tidak selalu sama dengan dua ? :-) buktinya iya, semua bisa terjadi tergantung bagaimana situasi dan kondisi yang menyertainya entah itu berupa satuan, jenis, maupun peristiwa sehingga 1+1 tidak lagi sama dengan 2, bagi yang mau protes atau hendak menambahkan bukti perhitungan silahkan dilanjut :-)

Berbagai sumber

No comments: